Jumat, 24 Agustus 2007

hand made

Asli Hand Made, Tembus Australia dan Belanda


KREATIVITAS anak bangsa ini ternyata tak perlu diragukan. Di tengah derasnya arus teknologi asing yang masuk menyerbu Indonesia, masih ada yang berusaha membendung. Ya, lihat saja Moh Wakhid, penduduk Kauman, Wijirejo, Pandak, Bantul.


Tak muluk-muluk yang dilakukannya. Dia hanya berusaha mempertahankan tradisi bersepeda. Namun bukan sembarang sepeda karena dia membuat sepeda onthel dipadu dengan mesin pemotong rumput atau blower. Jadilah ''sepeda motor'' bermesin 35 cc.


''Semua ini hasil modifikasi dari berbagai literatur, paduan sepeda kayuh dan mesin bubut atau blower. Hasilnya, sepeda yang dapat dikayuh sekaligus ada mesin untuk menjalankannya kalau jalanan naik atau pengendara lelah menggerakkan kaki,'' papar Wachid yang sudah lima tahun berkarya.


Semula, laki-laki PNS di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu membuka usaha bengkel motor. Namun lambat laun dia mempunyai gagasan meneruskan usaha bapaknya yang dahulu terkenal sebagai pembuat sepeda onthel. Setelah membuka berbagai literatur, dia mencoba memadukan sepeda dengan mesin pemotong rumput atau blower.


''Dengan tambahan mesin, pemakai lebih nyaman mengendarai sepeda apalagi kalau pas membawa beban, jalan naik, dan capai. Harganya juga terjangkau, bahan bakar irit sehingga petani di pedesaan juga bisa menggunakannya,'' ujarnya.


Ekspor


Usaha tersebut dimulainya tahun 2000 lalu, dua tahun setelah krisis. Dia melihat dan merasakan betapa berat mengeluarkan biaya untuk transportasi terutama bagi masyarakat pedesaan seperti dia dan tetangganya.


Berawal dari situlah, selain ingin meneruskan kepiawaian sang ayah, dia mencoba membuat ''sepeda motor''. Setelah jadi ternyata tetangga kiri-kanan tertarik dan memesan agar dibuatkan. Satu per satu orang-orang di dekatnya mulai mengendarai hasil karya pegawai laboratorium matematika itu.


Tak dinyana, ternyata kendaraan buatannya cepat terkenal. Dia menduga karena cerita dari mulut ke mulut akhirnya banyak pesanan. Tidak hanya dari Yogyakarta tapi juga luar kota, luar pulau bahkan luar negeri. Dia menyebut pelanggannya ada dari Lampung, Bengkulu, Kalimantan, dan berbagai daerah lain.


''Bahkan ada pelanggan dari Australia meminta kiriman rutin dua sepeda setiap bulan. Belanda juga minta kiriman namun masih tergantung permintaan dari sana,'' imbuh dia.
Pelanggan dari Australia dan Belanda tertarik dengan sepeda buatan Wakhid karena modelnya variatif. Sebagian besar memang bernuansa klasik dengan sentuhan di beberapa bagian jadilah sebuah alat transportasi unik dan menawan.



Dia memperlihatkan sejumlah sepeda yang sudah jadi. Ada sepeda laki-laki model klasik dimodifikasi bagian porok sehingga mentul-mentul begitu pula sadelnya.

3 komentar:

riki mengatakan...

Aku suka kreatifitasMu mas... dan sepertinya aku berminat, harganya berapa mas?
riki-alternatif.blogspot.com
081377679741
Palembang.

Wanda hamidah mengatakan...

ini kisah nyata saya . . . .

perkenalkan nama saya wanda hamidah, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

dedi sumandi mengatakan...

,.,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).